Posted by : UMN Wednesday, October 2, 2013

September 9, 2013 : by Michael Chris / Universitas Multimedia Nusantara News Service


Tren pembuatan aplikasi lokal untuk mobile device kian menjamur, dengan berbagai fungsi dan tujuan pembuatan, dari hiburan, transportasi, navigasi, bahkan edukasi. Hal ini juga didukung dengan maraknya penggunaan smartphone di Indonesia sendiri, terutama di kalangan remaja, yang memiliki antusiasme tinggi terhadap perkembangan mobile applications di berbagai platform. Tak ingin ketinggalan, Universitas Multimedia Nusantara ikut serta mengembangkan aplikasi  dengan nama Mobile University Informatioan Sistem (MUIS) yang merupakan system informasi akademik bagi para mahasiswa UMN berbasiskan Android, dengan membawa beberapa fitur menarik yang memudahkan akses informasi bagi mahasiswa, baik di hal akademis maupun non-akademi. Dwi Kristiawan MS. , manajer IT UMN mengungkapkan mengapa platform Android yang dipilih untuk pertama diluncurkan, “Untuk saat ini yang sedang booming ada 2, Android dan iOS, kami memilih android karena hampir kebanyakan mahasiswa kita menggunakan Android. Perbandingan antara pemakai Android dan iOS sekitar 75:25. Tentu saja untuk selanjutnya akan dikembangkan untuk iOS.”

Aplikasi MUIS UMN ini merupakan hasil karya Alumni mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI) tahun akademik 2009, yakni Ericko dan Valdo Septiasen Widjaja. “ Kita memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengerjakan proyek IT, selain 1 untuk menambah kesempatan, juga untuk portofolio mereka. Saya lihat dari kualitas kerja, Kreatifitas dan inovasinya, saya acungi jempol ” ujar pria yang akrab dipanggil Wawan tersebut. Aplikasi ini memiliki 7 menu utama, yakni Course, News, Social, Videos, Shuttle, Map, Events, dan Website. Menu Course dibuat untuk memudahkan mahasiwa dalam akses informasi akademisnya, ketika diklik, maka akan langsung ditampilkan agenda pekuliahan mahasiswa bersangkutan, pengumuman universitas, kelas yang berlangsung/dibatalkan pada hari itu, nilai ujian, dan mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa tersebut, beserta nilai dan IPK/IPS. Kemudian menu News, menampilkan berita-berita yang sangat up-to-date, dari berbagai topik, dengan memanfaatkan RSS Kompas, “Untuk RSS, tadinya akan dibangun dari UMN, namun karena kita grup Kompas Gramedia, maka tidak ada salahnya disambungkan ke Kompas,” ungkapnya. Dan menu Social akan menghubungkan pengguna dengan timeline Twitter UMN dan timeline Twitter pengguna sendiri, juga disediakan tombol langsung untuk me-mention UMN. Untuk alasan koneksi ke Twitter, Wawan  mengatakan, “Koneksi ke Twitter terpikirkan, karena jika kita berangkat dari visi kita di awal, untuk memudahkan mahasiswa dengan mobile apps, istilahnya agar tidak terbatas ruang dan waktu, kita memilih twitter karena banyak mahasiswa yang memakai selain Facebook. Untuk Facebook, masih terbentur dengan API yang dimiliki. Ke depannya, jika API sudah oke, bisa dikonek ke Facebook juga. Secara desain memang sudah akan ke 2 media sosial tersebut. “

Di menu Videos, akan ditampilkan beberapa media dari channel Youtube UMN yang berisi informasi perkuliahan. Untuk saat ini, pengunggahan video hanya bisa dilakukan dari pihak UMN sendiri, karena untuk karya mahasiswa, untuk sekarang masih dikembangkan di UMN.tv.  Di menu Shuttle, ditampilkan jadwal Shuttle Bus UMN yang up-to-date baik rute pagi, siang, dan malam. Pengguna dapat melihat jam berapa saja Shuttle berangkat dari berbagai tempat, mulai dari Pasar Modern BSD, Bundaran Alam Sutera, Dormitory UMN, Sumarecon Mal Serpong. Menu Map akan menampilkan alamat lengkap UMN, beserta link langsung ke peta untuk mencari rute ke arah UMN dari lokasi pengguna saat itu, sedangkan menu Events akan menampilkan kegiatan-kegiatan yang berada di UMN saat ini, juga kalender akademik terakhir UMN. 

Menurut Wawan, aplikasi UMN tersebut kini masih sedang dalam pengembangan untuk penyempurnaan, tim pembuat akan memantau kehandalan aplikasi, jumlah akses user, dan barulah ketika sudah tidak ada bug yang muncul, aplikasi akan dilepas ke Google Play Store agar dapat dinikmati juga oleh pihak eksternal UMN. Penambahan fiturpun terpikirkan, karena selain untuk kalangan internal, akan dibuka untuk kalangan eksternal. Salah satunya beberapa informasi dari www.umn.ac.id akan dibuka ke publik dalam aplikasi tersebut. (*) 


Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantara.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Sistem Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -