Posted by : UMN Monday, April 8, 2013

Program Studi Sistem Informasi

Sistem informasi adalah studi tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga memiliki daya guna yang maksimal bagi operasional dan perkembangan perusahaan/organisasi.

Banyak kasus nyata dimana investasi ICT ternyata gagal membawa perusahaan untuk bisa lebih efektif, lincah dan berkembang. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu harus ada suatu sistem berbasis komputer yang rapi, terstruktur dan memiliki strategi.

Hal tersebut penting, karena tujuan utama dari investasi Teknologi Informasi, bukanlah sekadar mengikuti trend, namun lebih untuk menciptakan nilai (value) bagi perusahaan. Nilai-nilai yang bisa membuat perusahaan bertumbuh dengan kinerja yang jauh lebih baik dan memiliki keunggulan kompetitif.

Sistem berbasis komputer tersebut itu mestilah dirancang oleh orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang mendalam tentang keterkaitan dua dunia yang amat strategis, yaitu teknologi informasi & komunikasi (ICT) dan implementasi nya pada dunia bisnis & manajemen. Inilah arah bidang karir dari seorang lulusan Sistem Informasi
Selain memperoleh dasar-dasar ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak bisnis, lulusan juga dibekali dengan kemampuan berpikir secara analitis dan kritis serta kemampuan belajar mandiri. Tak kalah penting pengetahuan mengenai dunia kerja dan masyarakat, kecakapan antar pribadi, kerjasama dalam tim, tanggung jawab dan etika profesi untuk mendukung perkembangan karir lulusan.

Kompetensi-kompetensi teknis seorang sarjana Sistem Informasi, antara lain:
  • Perancangan, Upgrade dan Maintenance dari Sistem Manajemen Berbasis Data.
  • Perencanaan dan pembangunan ERP (Perencanaan Sumberdaya Perusahaan) systems.
  • Mengelola outsourcing tenaga TI pada sebuah perusahaan atau proyek.
  • Konsultan e-Business.
VISI
Menjadi Program Studi Strata Satu Sistem Informasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang analisis, perancangan, dan implementasi Sistem Informasi, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

MISI
  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Sistem Informasi berbasis ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan Sistem Informasi  berbasis ICT untuk mendukung kinerja organisasi.
Peluang kerja
Lulusan prodi SI dapat berkarir di bidang sebagai berikut : System Analyst, Information System Manager, System Integrator, Database System Engineer, Database System Designer, Web Developer, Web Application Designer/Engineer.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © Universitas Multimedia Nusantara Sistem Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -